Tahap-Tahap pendaftaran TF LEaRN Nanyang Technological University (NTU), Singapore a.y. 2015/2016


Apa aja yang aku lakuin waktu daftar TF LEaRN di NTU a.y. 2015/2016? Check it out~
Pertama-tama aku buka website oia.ugm.ac.id, itu website yang berisikan semua infromasi mengenai beasiswa (scholarship), summer school, winter school, cultural program, dan lainlain dan lainlain hehehe
Pokoknya tentang urusan internasional karena oia itu singkatan dari office of International Affair = Kantor urusan Internasional

naaah, nanti kita bisa lihat syarat-syarat apa aja yang harus dipenuhii



Jadi syarat2nya adalaaaah
1. Letter of Enrollment = surat keterangan bahwa kita adalah mahasiswa aktif di UGM
Kalau di Teknik, surat ini bisa diurus di kpft lantai 3 :))

2. Transkrip nilai = minimal IPK 3,50
Alhamdulillah IPK ku saat mendaftar adalah 3,98

3. Cover letter = surat keterangan dari organisasi yang menyatakan keaktifan kita
Nah, untuk Cover Letter ini sendiri aku punya 2 cover letter dimana duaduanya dari BEMKMFT UGM. Satunya yang menyatakan kalau aku adalah anggota aktif BEM dan satunya yang menyatakan bahwa aku adalah ketua dari Gerakan Teknik Mengajar Season 3. Gerakan Teknik Mengajar itu Community Service hehehe

4. CV = Curriculum Vitae.
CV itu berisikan informasi mengenai diri kitaaa. our achievement during out life? :D

5. English Proficiency
Kalau ini, aku pake TOEFL ITP yang aku peroleh dari hasil tes di Pusat Pelatihan Bahasa UGM (PPB UGM) dan score yang aku peroleh Alhamdulillah sebesar 577 :D

6. Letter of Recommendation = ini bedabeda deh kayaknya cara memperolehnya di setiap jurusan, bahkan di setiap dosen hehe
Kemarin aku dapat surat rekomendasi dari Pak Waziz (Wadek bid. Kemahasiswaan), Pak Heri (dosen pembimbing PKM) dan Pak Andy (dosen Pembimbing Akademik).

7. Motivation Letter = alasan kenapa kita pengen beasiswanyaaaa hehehe

8. Passport -> Hayooo, jangan lupa bikin passport looh :D

Nah, setelah semua hal tersebut udah dapat, kita submit secara online ke OIA dan bawa berkas hardfilenya ke OIA rangkap 2.
Tidak berapa lama kemudian akan disampaikan berita bahwa kita bisa men-submit berkas kita langsung ke NTU.
Setelah ituuu, urus course-course yang mau kita ambil, pas photo, dkk dkk (ini urusannya cukup ribet, Insya Allah nanti aku posting juga tentang yang ini yaak)
dan finally done
Kita tunggu pengumuman dari NTU nya :D

Baiklaaah, Sekiaaaan informasi tentang pendaftarannya.
Ciao~
you can check about the acceptance in this post :)
http://yulisyahdaulay.blogspot.com/2015/06/i-am-tf-learn-scholaaar-d.html

“I am not the same having seen the moon shine on the other side of the world.” -- Mary Anne Radmacher

“It’s a big world out there, it would be a shame not to experience it.” — Jo Andrews

Comments