Minggu, 31 Mei 2015

Trade Off Selama Kuliah- We don't Always get What We want

Hari jumat tanggal 29 Mei 2015, saat aku duduk di row paling belakang di kuliah Product Design And Development, aku duduk disebelah Alwan (IE13) yang superkece badai. Alwan itu semester lalu baru pulang dari Harvard University karena ada lomba, wwaaaa. Ada 1 kata yang dibilang Alwan samaku yang membuatku terharu

"aku kagum sama kamu put, karena kamu bisa menyeimbangkan 3 dunia kamu. Kuliah, Prestasi dan Kehidupan. Dalam hidup ini, kita mengenal yang namanya trade off, kita tidak bisa mendapatkan semua hal"

Kayaknya Alwan salah paham samaku deh haha. Alwan melupakan 1 hal, bahwa aku tidak aktif sekali di Organisasi, padahal organisasi adalah hal yang sangat penting. Trade off (berkorban) itu adalah akan selalu ada selama kita masih bernafas.

Sebenarnya waktu SMA dulu aku gak terlalu ngerti trade off trade off-an haha, abis gak banyak pilihan sih
Tapi ketika kita kuliah, akan banyak sekali pilihan hingga kamu harus korbankan beberapa hal.

Ada beberapa case yang aku tahu:

1. Menjadi Pemimpin Organisasi

Contohnya adalah menjadi Ketua BEM di FT UGM. Kita tidak boleh pergi jauh selama kita menjabat, seperti tidak boleh KKN yang mengakibatkan kita KKN di tengah-tengah kuliah, gakboleh ikut exchange, dll

2. Menjadi Asisten Laboratorium (AsLab)

Aku baru aja dengar kalo menjadi Aslab itu ada surat perjanjiannyaaa. Perjanjiannya beda-beda sih di setiap Laboratorium, tapi ada Lab yang enggak mengizinkan kita untuk KKN dan KP, dan lain-lain

3. Ikut Lomba-Lomba

Aku belum pernah ikut lomba-lomba di tengah kuliah di Semester 1 sampai 3, kemarin pimnas27 itu waktu libur soalnya hehehe. Tapi aku mengalaminya di Semester 4 ini karena lomba MITI Paper Challenge dan lomba EfiCn yang aku ikuti. Ketika kita ikut lomba-lomba, mungkin hanya beberapa hari bolos kuliah, tapi itu tidak sesederhana itu. Lomba itu butuh persiapan dan persiapan itulah yang jauh lebih lama untuk dilakukan, Oleh karena itu, kita harus menyediakan waktu yang cukup banyak kalau mau ikut lomba

4. Organisasi

Aku ingat banget ketika di Semeseter 3 lalu, temanteman IE13 itu banyak yang jadi panitia acara Chronics sehingga harus bolos di mata kuliah Matematika 3. Daaaan hari itu ada tugas kelompok yang dikerjakan sehingga temanteman pada gak dapat nilai untuk tugas itu. 1 nilai itu sangat membantu karena nanti semua nilai dijumlah dan dibagi dengan banyaknya jumlah tugas, kosong 1 dapat membahayakan nilaaai. Itu hanya hal kecil, banyak sekali orang-orang yang sangat sibuk dalam organisasi sehingga kuliahnya tidak maksimal.

5. Exchange

Exchange itu ada bermacam-macam jenis dan programnya, waktunya sangat bervariasi mulai dari beberapa hari hingga beberapa semester, dan lain-lain. Kalau kita exchange di tengah-tengah kuliah berarti kita bolos kuliaaah. Tapi kalo kita exchange hingga 1 Semester, ada dua kemungkinan. Kemungkinan pertama adalah kita cuti kuliah dan kemungkinan kedua adalah transfer kredit. Cuti kuliah berarti kita tidak ikut proses perkuliahan sama sekali dan kayaknya gak bayar uang kuliah deh hehe. Transfer kredit itu bisa kita lakukan kalau mata kuliah yang diambil di negara tujuan sama dengan mata kuliah di home universitas kitaa. Jadi nilai yang kita dapat di negara tujuan exchange dapat dimasukkan ke kartu hasil studi kita di home university :').
Untuk Exchange yang sampe 1 semester ini juga, kita mengorbankan beberapa hal seperti bolos kuliah 1 semester yang membuat ketika ketinggalan dari temen-temen seangkatan kita, beasiswa yang kita peroleh (ada beasiswa yang memonitor perkembangan akademik mahasiswa sehingga ada jumlah sks dan ip minimal yang harus diraih), dan lain-lain.

Waaa ya ampuun, akhirnya aku banyak cerita ya? :D
Wait for my update yaaaa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar