Catatan dari Negeri Kiwi, New Zealand - Transportasi, Akomodasi, Makan, dan Fasilitas Penting lainnya (III)

Transportasi
Selama di New Zealand, abang dan saya full menggunakan bis intercity.
Bis intercity adalah bis antarkota yang khusus untuk backpacker.

Kami membeli intercity Flexipass selama 60 jam yang dibeli melalui online pada website ini:
dan perencanaan rute dari Utara ke Selatan bisa dilihat di video ini:

Setelah membeli Flexipass, kita harus merencanakan sendiri perjalanan yang diinginkan.
Setiap perjalanan antarkota memiliki jadwal dan lokasi berangkat yang sudah pasti.
Rutenya bisa dilihat di link ini (per 3 Agustus 2019):

Reviewnya? bisnya baguss sekaliii.
Selalu on time.
Misalnya: kalau jadwal berangkatnya jam 7 pagi, bis akan tiba di lokasi sekitar jam 6.45, loading barang2 penumpang dan nge absen penumpang sebelum para penumpang masuk bis.
Tepat jam 7, bis pun akan berangkat.
Jadi enggak boleh telat yaa kalau naik bis intercityy.

Selain itu, bis juga sangat nyaman, bersih, dan lapang duduknya.
Bis akan berhenti di beberapa tempat, biasanya di tempat souvenir dan makan, dimana juga terdapat toilet.

Oiya, salah satu yang membuat saya dan abang nabil sangat kagum adalah keefisiensian supir bis di New Zealand.
Seorang supir bis memiliki 3 peran sekaligus:
- supir bis
- yang mendata penumpang
- tour guide > menjelaskan segala hal tentang New Zealand sepanjang jalan. Seperti asal muasal buah kiwi dari Cina, jumlah penduduk New Zealand, dan tentunya setiap spot2 wisata yang dilewati.
Jadi kita bisa belajar banyak hal tentang New Zealand jugaa.

Oiya, karena kami selalu pindah2 penginapan setiap hari, jadi kami selalu membawa koper kemanapun pergi (checkout).
Bis intercity memiliki tempat penyimpanan koper yg sangat baik.
Kalau kita mengikuti paket tour nya intercity (Greatsight atau AwesomeNZ), koper kita akan dijagain selama kita pergi ke beberapa objek wisata.

Intercity juga punya mobile Apps yang bisa kita pakai untuk nge track schedule dan lokasi bis kita.
Ini contoh interface nyaaa.

Garis orange menunjukkan rute yang abang dan saya lalui (dari Utara - Auckland menuju Selatan- Christchurch)

Akomodasi
Untuk akomodasi, abang nabil dan saya memesan airbnb untuk hari pertama.
Sayangnya, airbnb agak mahal dan agak ribet check-in dan check-outnya.
Jadi tidak recommended hehe.

Untung saja setelah itu kami belajar dan ganti menggunakan hostel.
Ada beberapa jenis hostel yang dipesan, tapi kebanyakan adalah YHA hostel.

Info dan pemesanan YHA dapat dilakukan disini: https://bookings.yha.co.nz/
YHA hostel berada di hampir semua daerah New Zealand.
Hal yang paling utama dari YHA adalah standard kualitasnya yang sama di semua daerah dan sangat baik.
Kita tahu apa yang akan diekspektasikan > kebersihan, adanya dapur, ruang makan, ruang nonton, dan lain-lain.
Oiya, kalau kita punya member kartu YHA, kita akan mendapatkan diskon 10% untuk setiap pemesanan.

Hostel2 lainnya juga memiliki kualitas yang sama baiknya yaaa, terutama Sir Cedrics Pod Hotel di Queesntown > dapat breakfast wafel super enak gratis, wkwk

Makan
Selama di New Zealand, abang dan saya tidak pernah beli makanan jadi, kami selalu memasak.
Awalnya kami selalu membeli makanan kaleng seperti ikan tuna atau sarden dan membeli nasi instan.

Tapi beberapa hari kemudian, kami merubah strategi dan mulai memasak setiap 2 hari.

Di semua penginapan yang kami pesan (airbnb + hostel2), terdapat dapur dengan peralatan masak yang sangat lengkap.
Ada kulkas, rak menyimpan bahan2 makanan, kompor, panci, piring, gelas, air panas, dan peralatan masak lainnya.
Bahkan dibeberapa hostel, terdapat free food, bumbu2, dan minyak goreng yang juga bisa kita pakai untuk memasak.

Oleh karena itu, strategi yang kami lakukan adalah belanja di malam hari dan lanjut memasak untuk besok dan lusa.
Ini adalah tampilan dapur YHA.

Groceries
Untuk belanja groceriesnya, kami sudah pergi ke berbagai macam supermarket - apapun yang dekat dengan penginapan hehe.
Hal ini karena abg dan saya tidak menggunakan transportasi publik dalam kota selama di New Zealand, jadi kami jalan kaki kemana2.

Overall, yang paling recommended adalah Pak n Save, dilanjutkan dengan Freshchoice dan Countdown.
Untuk Merk ayam halal yg bisa ditemukan di supermarketnya adalah Tegel.

I-Site
I-Site adalah visitor information yang berada di semua daerah di New Zealand.
Aktivitas favorit saya dan abang di I-Site adalah mengambil brosur banyak2 untuk mencari informasi hal apa yang dapat kami lakukan di kota yang sedang kami kunjungi haha
Ketika check-out, brosurnya biasanya ditinggal di hotel *ups
Soalnya setiap i-site memiliki brosur yang berbeda2 tergantung lokasinya.

Ini adalah link informasi i-site:

Di beberapa i-site, terdapat penyimpanan bagasi.
Abg dan saya tidak pernah menyimpan di i-site karena biasanya terbatas oleh office hours (hingga jam 6 sore).
Tapi kami pernah menitip di hostel, meskipun kami tidak menginap di hostelnya (hingga jam 9 malam).

Selain itu, kita bisa nanya2 juga sama mbak/mas resepsionis mengenai tempat wisata yang direkomendasi atau festival2 lokal yang sedang berlangsung.