Janji seorang Anak dan Kakak

Aku telah jatuh cinta, berulang kali, pada orang yang sama
Aku telah jatuh cinta kepada mama, papa, abang ajid dan adek lia

Aku jatuh cinta kepada keluargaku karena Allah swt.
Karena Allah telah melahirkanku dari keluarga yang luar biasa.
Karena Allah telah menunjukkan dan mengajarkanku arti cinta dan kasih sayang melalui keluargaku
Karena Allah telah mengizinkanku jatuh cinta untuk pertama kalinya, kepada keluargaku

Ya, Aku telah jatuh cinta karena Allah swt.


------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Aku kuliah di Jogja sejak tahun 2013.
Untuk itu, aku mengalami perpisahan berulangkali dari keluargaku dan hidup merantau di Jogja.

Bandara Internasional Kualanamu - Tempat Perpisahan Keluarga dengan Putri Kecilnya

Saat itu, aku melihat mama nangis ketika mengantarkanku ke bandara dan hatiku pun hancur. Aku berusaha keras untuk enggak menangis didepan mama.
Tetapi kemudian aku melihat air mata yang menggenang di mata papa.
Papa tidak pernah menangis, papa adalah pahlawan superku yang sangat kuat. Papa tidak pernah menangis, sesulit apapun masalah yang datang. Tapi papa menangis saat itu, saat mengantarkan putri kecilnya merantau ke tempat yang jauh.

Airmataku pun menetes dan tidak bisa ditahan lagi.
Aku adalah anak yang telah menghasilkan airmata pada mama dan papaku.
Atas dasar apa aku berhak melakukannya? hak apa yang aku miliki?
Aku bahkan belum melakukan apapun untuk membalas kebaikan kedua orangtuaku.
Mama dan Papa yang telah memberikan segalanya dan telah mencintaiku melebihi diri mereka sendiri.
Aku tidak ada ketika abang ajid berjuang mencapai cita-citanya dan merasa kesulitan
Aku tidak ada ketika adik kecilku, adik lia sedang tumbuh dan membantu setiap adik lia membutuhkan

Aku adalah anak dan kakak yang belum melakukan apapun untuk mama, papa, abang ajid dan adek lia.
Keluargaku satu-satunya. Yang telah mencintaiku dengan seluruh yang mereka miliki, utuh dan selalu ada untukku.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Aku sadar, sepenuhnya, akan hal itu.
Ada banyak tanggungjawab yang belum dipenuhi.
Untuk itu, aku akan berusaha keras untuk memenuhi tanggung jawab itu.
Sebagai seorang anak dan seorang kakak.
Itu adalah janji,
dan seorang gentlewoman tidak akan melanggar janjinya

Comments