Selasa, 24 November 2015

Surat kecil dari diriku yang berusia 20 tahun ke diriku di masa depan


The best years in life are about to come.
Wishing you a very warm welcome to the second decade of yours. A brand new decade is waiting for you. What more could you ask for?
Happy 20th BirthDay Putri! :D

Hari ini aku sedang menikmati indahnya malam di Singapura dan merayakan dekade baru dalam hidupku.
Berusia 20 tahun adalah saat aku berjuang untuk mimpi-mimpiku. Aku jatuh, terluka, hancur, menangis, frustasi, tapi aku tidak pernah berhenti.

Di usia 20 tahun ini, aku ingin menulis surat untuk diriku di masa depan, seseorang yang aku harap dapat menghadapi semuanya dan membuktikan kalau aku yang sekarang bukanlah pengecut. Seseorang yang menyebar kebahagiaan dan sehat selalu, dengan wajah cerah dan tawa renyah. Hati yang selalu dipenuhi kehangatan dan kasih sayang.

20 tahun adalah turning point di dalam hidupku.

Congratulations. From now on you are officially old, Putri! =D
Jadi, di postingan kali ini aku ingin menulis surat untuk diriku di masa depan.


------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Dear diriku di masa depan,

Aku melihatmu tertawa, dikelilingi orang-orang yang kamu sayangi dengan sepenuh hati; sederhananya adalah hangat dan bahagia.
Saat itu kamu tiba-tiba berhenti tertawa dan melihat diriku, dirimu saat muda, yang sangat naif, bertekad kuat, selalu percaya dan berpegang pada kejujuran; kamu kemudian tersenyum karena rasa sayang dan syukur untukku.
Tetapi kemudian, kamu akan melihatku menangis dibalik bantalku, bantal yang telah basah dengan air mata, rasa lelah dan ingin menyerah. Kamu melihatku berkejaran dengan deadline dan frustasi dengan tugas dan ujianku; Kamu melihatku berjuang setiap hari.  kamu melihat perjuanganku, kamu melihatku hancur, menangis pilu, kesepian dan kosong, gemetar dan ketakutan; dan kamu melihat kalau aku berhasil melewatinya. Kamu melihat kalau aku baik-baik saja. Kamu melihat bahwa aku berhasil melewati jalur yang kasar, dan kamu tahu kalau aku menjadi lebih kuat, lebih cerdas dan lebih baik daripada aku yang sebelumnya. Kamu akan melihatku gagal pada hal-hal yang sangat penting untukku. Kamu akan melihatku kehilangan hal-hal yang berharga dalam hidupku. Aku ketakutan tentang dirimu, masa depanku. Tapi semuanya baik-baik saja, karena aku tidak akan pernah menyerah.
Diriku di masa depan, kamu sangat elegan dan tenang; kamu sangat berwibawa, gerak-gerik halus yang membuatku ingin mengenalmu segera. Aku melihatkmu tersenyum dengan penuh syukur untuk semua pelajaran yang aku hadapi saat ini. Luka-ku, perjuangan-ku, masalah-ku, ketakutan-ku tidak mengalahkanku; Kamu bangga karena memiliki mereka di masa lalumu. Kamu berhasil melaluinya dan tidak meyimpan apapun kecuali pikiran-pikiran positif dan cinta di hidupmu. Kamu bersyukur hingga cahaya ketulusan dan keramahan terpancar darimu. Energimu cerah dan lembut; aku ingin segera mengenalmu.
Suaraku lemah dan tidak pasti ketika berusia 20 tahun, tapi dia akan menjadi semakin kuat. Kamu melihatku belajar untuk lebih sedikit berbicara dan lebih banyak mendengar. Ini adalah hal yang sulit karena aku akan mengubah caraku menjalani hidup. Tapi aku akan berusaha sehingga salah satu pencapaian terbesarku adalah kemampuanku untuk belajar sehingga sungguh-sungguh dan tulus mendengarkan dengan hatiku ketika orang lain berbicara.
Diriku di masa depan, kamu sudah menemukan cara untuk menjadi bijaksana, sabar dan anggun. Aku melihat bahwa segalanya berjalan lancar dan membuktikan bahwa apapun aku jalani saat ini adalah bagian dari rencana yang lebih besar. Aku melihatmu dan aku tahu bahwa kamu bangga dengan diriku karena telah mempelajari pelajaran-pelajaran ini, karena sudah membuang rasa takutku dan menghadapi bagian selanjutnya dalam hidupku.  Hari demi hari, aku belajar.
Kamu melihatku bertemu dengan teman-teman yang tidak tulus tahun demi tahun. Kamu melihat luka yang ada di hatiku, dinding keraguan untuk percaya sepenuhnya, keluguan dan kepolosanku yang perlahan hilang, dan ketakutan untuk bergantung kepada orang lain. Aku mulai berpikir bahwa berteman dengan orang yang salah itu jauh lebih mengerikan daripada berjalan sendiri. Tapi kamu tahu kan? Kalau aku tidak berhenti mencari, mencari sahabat-sahabat sejatiku. Aku menjadi lebih bijaksana dan tulus dalam persahabatan, karena menemukan mereka adalah salah satu hal yang sangat sulit dalam hidupku.
Kamu, diriku di masa depan, kamu dikelilingi oleh orang-orang luar biasa dan dilimpahi oleh cinta dan kasih sayang dalam hubunganmu dengan sahabat dan keluargamu. Kedekatanmu dengan saudara-saudaramu, keluargamu, sahabatmu adalah sumber cahaya dan kebahagiaan dalam hidupmu.

Di usiaku yang 20 tahun ini, kamu belum mengetahui siapa pria yang dengannya kamu habiskan dan berikan seluruh hidupmu, tapi kamu tahu kalau siapapun pria yang aku akan pilih, dia adalah permata yang sangat berharga. Membuat hati orang yg aku cintai berdetak untukku adalah keajaiban terbesar dalam hidupmu. Memutuskan bahwa aku adalah tulang rusuknya yang hilang akan menjadi keputusan terbaik yang pernah aku buat dalam hidupku.
Diriku di masa depan, kamu membuktikan janjiku bahwa kamu akan menjadi ibu dan istri yang terbaik untuk anak-anak dan suamimu. Kecerdasanmu, kelembutanmu, kekuatanmu dan ketulusanmu telah menciptakan rumah yang dipenuhi rasa kasih dan cinta yang melimpah, keluarga yang sakinah mawaddah warrahmah.
Aku memilih untuk berjuang untuk menjadi sepertimu, dan dengan penuh tanggungjawab, Aku bisa, suatu hari nanti, menjadi dirimu. Kamu tersenyum karena kamu melihat bahwa aku menyadarinya, bahwa pilihan-pilihan yang aku buat hari ini akan mempengaruhi dirimu di masa depan. Kamu melihat bahwa aku sedang melakukan hal yang terbaik yang bisa aku lakukan. Kamu bangga karena telah menjadi aku saat ini. 
Aku memilih untuk bahagia, untuk mencintai dengan tulus dan jujur. Aku akan mengikuti apa kata hatiku. Diriku di masa depan, hal paling luar biasa yang kamu tunjukkan padaku adalah bahwa "Segalanya  Mungkin dalam hidup kita". Kamu menunjukkan padaku bahwa tidak masalah apapun yang dilemparkan kehidupan kepada kita, kita akan menjadi lebih kuat, lebih cerdas, lebih sehat dan lebih indah dari sebelumnya, kenapa? Karena kita memiliki keberanian untuk terus berjuang.
Salam dariku,
Masa mudamu yang berusia 20 tahun

2 komentar: