Sabtu, 30 Mei 2015

We are Engineering woman! - Fakta tentang Mahasiswi (Cewek) Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM)


Proud to say that "Aku Mahasiswi Teknik!"
Enggak terasa uda hampir dua tahun aku kuliah di fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada yang tercinta iniii
Jadi ingat, dulu waktu lolos di teknik sering ngepo sana sini untuk cari berita tentang kehidupan cewek teknik, tapi sulit ketemunyaa

Daan karena aku sudah 1 tahun 8 bulan mengalami hidup dan setengah hidup di kampus ini, aku pengen cerita hal-hal mengenai cewek teknik.

Aku adalah mahasiswi teknik industri yang rasio antara cowok dan ceweknya cukup berimbang, 50:50. dan bertetangga dengan teknik mesin (1 rumah) yang rasio antara cewek dan cowoknya adalah 8 : 100an gitu ya (sotoy).



Ini adalah beberapa hal yang aku sadari mengenai cewek teknik
1. Mandiri
Kuliah teknik itu berarti kita memiliki tugas yaang supeeer banyak, mungkin karena kita itu aplikatif ya? jadinya kita punya banyak tugas-tugas besar. Tugas besar itu superkompleks yang berarti walaupun kita kerja dalam tim yang ada cowoknya, '"we still have our own proportion and it is quite something". Fine, intinya kita tidak bisa bergantung dengan siapasiapa, karena enggak bergantung aja, tugas itu enggak kelar kelar.

Kadang karena kata *mandiri* itu uda melekat di kata mahasiswi teknik, kami jadi gengsi untuk minta tolong angkat sesuatu, padahal uda keberatan, wkwk, itu yang dinamakan "labelling" yak?

Nah, pernah kejadian, aku punya teman yang namanya mas Hafiq (Kedokteran Umum '12). Waktu itu kita ada kerja kelompok dan kursinya kurang, ya langsung aja aku pergi cari kursi. Tapi Mas Hafiq malah terkejut karena aku tibatiba muncul dengan kursi aja, soalnya mas hafiq rencananya mau ngambilin. Wkwk, kami mahasiswi teknik mas :D

2. Punya Temen Cowok Banyak
Of Course. gimana enggak punya temen cowok banyak coba kalau yang kita lihat setiap hari itu mayoritas cowok? Bicara sama cowok itu seruu looh, mereka itu simple dan lucuu haha. di Teknik, persahabatan antara cowok dan cewek itu adalah hal yang normal bangeet hehe. Kita bisa cerita-cerita lamaaa banget, makan bareng, main bareeng, kerja bareng. Itu adalah hal yang super common

3. SuperObjektif melihat cewek2 lain
Owkay, ketika sohib-sohib cowok kita selalu bercerita tentang cewek, mulai dari cewek A, cewek B, cewek C hingga cewek Z dan mereka bertanya tentang pendapat kita tentang mereka, kita mulai menggunakan sudut pandang yang berbeda. Kita akan melihat dengan lebih jelas dan tanpa bawa perasaan, hanya gunakan logika aja, objektif bro.

4. Tidak dianggap perempuan
Ini adalah hal yang sangat normal. Kadang kalau sohib cowok kita cerita tentang pacar mereka yang berefek pada cerita yang jelek tentang gender perempuan pada umumnya ke *kita yang perempuan*, yaa didengerin dan ditanggapi seolaholah kita bukan perempuan haha, kadang malah setuju dengan beberapa sifat perempuan yang jelek.

5. Ngegembel di kampus gak ada yang peduli
Iniii super fakta. Sebagai mahasiswi teknik yang memiliki segudang tugas yang menyebabkan kita harus ke kampus jam 7 pagi untuk kuliah pagi dan dilanjutkan dengan mengerjakan tugas-tugas hingga jam 22.00 WIB alias jam 10 malam (jam tutup teknik di UGM) dengan baju yang sama, muka tanpa make up (habis kena air wudhu) dan mata yang berkantung hitam bawahnya. Mandi 1 kali sehari adalah hal yang normal bagi mahasiswa/i teknik karena ketika pulang kuliah malam, biasanya kita sangat lelah sehingga langsung tepar di tempat tidur (bahkan terkadang masih dengan baju lengkap dan jilbab)

Aku ingat banget kata-kata mas nabil ketika kita lagi ngerjain tugas bareng tementemen yang lain jamjam 21.30 alias setengah 10 malam. Dia ngelihat wajahku dan tibatiba bilang, "efek jadi cewek teknik gitu ya Put? Gak pernah kelihatan cantik" Astagaaa hahaha, it is fact indeed. Gimana mau kelihatan cantik coba? kalo mata uda berkantung hitam, muka uda pucat kecapekan, belum mandi seharian, jilbab uda belok kemanamana wkwk

6. We are strong
Kita punya banyaaak banget tugas, laporan praktikum, pretest, posttest, responsi, studio, survei ke masyarakat, dan lainlain dan lain lain. Bukan berarti setiap tugas yang kita kerjakan itu berjalan lancar, kadang kita mendapat nilai jelek, inhal (proses perbaikin nilai kalo tidak lolos pretest, dikritik pedas ketika presentasi,dll). Gimana kita enggak strong coba?

7. Hatihati dengan Kakak-kakak tingkat
Ini adalah fakta. Cowok-cowok teknik itu gara-gara jarang banget ngelihat cewek, standar cantiknya jadi turun. Bahkan, sampai ada beberapa kakak tingkat yang helpless banget dalam nyari jodoh sampe sampe pasrah dengan siapa aja haha (kemungkinan memperoleh cewek di teknik sangat kecil untuk cowok)

Itu Duluuu postingan tentang cewek-cewek tekniik :D
Stay tuned!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar