Komponen-komponen sepeda motor, material penyusunnya dan alasan terpilih

KOMPONEN
MATERIAL
ALASAN
Tempat duduk (seat)
synthetic substance yaitu polimer seperti poliuretan
ü  Jenis polimer yang apabila dipanaskan akan mengeras secara permanen, dan tidak akan melunak jika dipanaskan berlanjut.
ü  Proses ini dapat tidak dapat diulang (“irreversible”)

Sifat dibanding termoplastik:
ü  Lebih keras
ü  Lebih kuat dan getas
ü  Memiliki kestabilan dimensi yang lebih baik
ü  Lebih baik ketahanan panas
ü  Tahan terhadap larutan kimia

Helmet (Helm) dan auto body components 
RESIN POLYESTER
Ø  Murah
Ø  Excellent electrical properties
Ø  Low to high temperature use
Ø  Good as matrix for composites
Radiator motor
Paduan Cu - Zn

low Zn:
ü  Relatif lunak, ulet, mudah cold worked
ü  ≤ 35% Zn

 (high Zn):
  • 50% Zn
  •  lebih keras dan kuat
  • Hot working
  • Sebagai bahan brazing

Motorcycle frame
aluminium or steel (or alloy) struts. Carbon fibre, titanium and magnesium are used in a few very expensive custom frames.
Aluminium  :
• Face-Centered Cubic unit cell promotes ductility &
machinability
• Ductility promotes bending failure rather than fractures
• Chemical properties promote corrosion resistance
• Machinability promotes excellent finishes
• Chemical characteristics allow anodizing
• Strong personality and appealing looks.

The wheel
aluminium
o   Variety
The wide range of aluminum wheels available make it easy to find ones suitable for your purposes, no matter what size or style you desire.
o   Cost
Aluminum wheels may not be ideal if you're on a budget. The price of the wheels will vary depending on the size and style, but they are often more costly compared to steel or magnesium wheels.

o   Durability
Compared to magnesium wheels, aluminum wheels are more durable and will last longer than other materials.
o   Availability
There are a wide range of retailers that supply aluminum wheels, making it easy to obtain them from a convenient location
o   Combination
It is possible for the material to be combined with other substances, such as magnesium.

Ban (tyres)
Butyl (Karet sintetis) .
Ban Dalam karet sintetis :
§  Udara tidak mudah merembes karena mempunyai pori-pori lebih kecil dibandingkan yang menggunakan bahan dasar dari karet alam atau natural.
§  Tahan panas dan tidak mudah melar,
§  Mampu menyerap getaran
§  Awet dan tahan lama

Sifat –sifat Ban luar karet sintetis :

§  Pemakaian Ban Luar menjadi lebih awet, karena tekanan angin stabil
§  Pemakaian Bahan bakar lebih irit karena lebih ringan dan hambatan gesek lebih kecil.
§  Umur Ban Luar menjadi lebih panjang, karena sifat Butyl yang kenyal dan ulet walaupun terkena gesekan.

Piston (torak)
Al - Si

ü  Sangat baik kecairannya
ü  Mempunyai permukaan bagus
ü  Tanpa kegetasan panas
ü  Sangat baik untuk paduan coran
ü  Ketahanan korosi baik
ü  Sangat ringan
ü  Koefisien muai kecil
ü  Penghantar panas dan listrik baik
Gear/roda gigi , Crankshaft dan Poros

baja karbon medium
ì  kandungan karbonnya: 0,25 - 0,6%C
ì  dapat dinaikkan sifat mekaniknya melalui perlakuan panas austenitizing, quenching, dan tempering
ì  banyak dipakai dalam kondisi hasil tempering sehingga struktur mikronya martensit
ì  lebih kuat dari baja karbon rendah

Body Brake Shoe
Alumunium Alloy
v  Bahan Linning (kampas) terdiri dari campuran bahan-bahan berkualitas dan ramah lingkungan (bebas asbes)
v  pada suhu diatas 100o C tidak terjadi kekerasan permukaan Linning menyebabkan permukaan Brake Shoe menjadi licin
v  ringan dan kuat
v  fungsi pengereman pada motor anda menjadi lebih meningkat dan tidak perlu sampai harus melakukan penggantian tromol menjadi rear brake disc. 
Rantai Roda
Terbuat dari baja khusus, paduan antara chrome & molibdenum dalam proses yang canggih,
  1. Kuat
    menghasilkan tegangan tarik yang sangat kuat, yaitu mencapai 2 ton.
  2. Tahan lama
    Menggunakan komponen yang presisi dan pelumasan yang berkualitas tinggi dan tahan panas, sehingga membuat umur rantai menjadi lebih panjang.

Radiator Coolant
mencampurkan cairan etilen glikol atau 1,2-etanadiol dengan aquadestilata dengan perbandingan tertentu tergantung pada kebutuhan dan situasi/iklim dimana kendaraan bermotor atau mesin tersebut digunakan. 

o   Menghambat proses oksidasi logam
o   menurunkan titik bekunya menjadi -33oC.
o   mampu melumasi pompa air,
o   mencegah karat,
o   menetralkan (asam) agar tidak timbul deposit mineral
Tangki bahan bakar (fuel tank) terbuat.
plat baja tipis yang bagian dalamnya dilapisi anti karat.


.
·         mempunyai daya tarik,lengkung, dan tekan yang sangat besar
·         dilapisi anti karat sehingga tidak akan mengalami korosi
·         terhindar dari perubahan bentuk
·         sifat dapat disesuaikan sesuai kebutuhan

Comments

Post a Comment