Rabu, 16 Mei 2012

Contoh Naskah Drama Lucu~> Tugas B.I

Cendollela

Suatu hari,di tengah hiruk-pikuk lapangan sekolah elit SMA MAJU-MUNDUR, semua murid dikumpulkan sebelum pulang sekolah untuk mendengar pengumuman penting dari Kepala Sekolah,

Kepsek: (berdeham) Selamat Siang anak-anak! Berdasarkan hasil Rapat dewan guru, kami memutuskan nanti malam sekolah kita akan mengadakan promnight, semua siswa-siswi diharapkan datang untuk memeriahkan acara ini.Sekian pengumuman dari saya, terimakasih.
Pengumuman ini membuat heboh seluruh murid SMA MAJU-MUNDUR  setiap tahunnya, acara utama Promnight Nero adalah diadakan pemilihan Queen and King of Promnight Nero. Semua siswi pasti ingin mendapat gelar Queen yang artinya sebagai siswi tercantik dan terpopuler di sekolah, begitu juga para siswa, semua pastilah ingin mendapat gelar King yang artinya sebagai siswa tertampan,terkeren dan terpopuler di sekolah. Hal ini juga didengar oleh kakak beradik Lolo-Lele, mereka adalah murid SMA MAJU-MUNDUR yang sudah lama berambisi mendapat gelar Queen,setibanya di rumah mereka langsung menyerbu ibu mereka.

Lele: (berteriak dan mengipas rambur) MAMII!!! MIIII!! Mami...entar malam  di sekolah aku diadain promnight! Mami,, aku harus gimanaa neh?? Pokoknya aku sekarang mau shopping buat beli gaun yang mahal, aku mau ke salon dandan meni-pedi...pokokya besok aku mau jadi yang tercantik..tik..tik..tik!!



Lolo: Iaaa mi,, aku juga! liat dong mi, gaunku itu gakada, masa’ besok aku tampil pake baju tidur!? Ih!
Please dong Ah! Seorang Lolo, pake baju tidur, apa kata MBAH SURIP! Bisa-bisa mbah surip bangun.
Mami: Ia sayang, tenang aja, apa sih yang gak bisa kita beli? Kalian tinggal sebut aja, baju? Perhiasan? Sekaligus tokonya juga bisa kita beli?!! Kita orang kayaa, uang kita bercecer dimana-mana...!hahahha

Lele: HAHA, ia, mami baik deh . Tapi mi, jangan sampai si cendol ikut promnight deh. Mami tau kan, kalo dia itu pembuat onar dan selalu bikin malu kita. Pokoknya mi, si Cendol gak boleh ikuuut!! Dia gak berhak! Dia kan cuma babu!

Mami:Mami Pastikan dia takkan bisa ikut, Tenang  saja sayang, serahkan urusan Cendol pada Mami,, (tersenyum licik, Lele dan Lolo pergi)

Mami: (berteriak marah)Cendoool!!! Cendoool!!  Dari mana aja kamu?! Heh!! pekerjaan kamu tu belum ada yang beres! Rumah berantakan!Lantai belum dipel! cucian dan jemuran menumpuk!Sapi, ayam,kambing belum dikasih makan!! Kamu pikir kamu bisa hidup seenak jidadmu?? Dasar gembel!!
Cendolella: (menunduk) maaf nyonya, saya baru pulang sekolah, saya tad..

Mami: alaah! Banyak alasan kamu!! Sudah sana minggir! Oh ya jangan pergi kemana pun sebelum seluruh pekerjaan kamu selesai.! Jangan main-main dengan saya atau kamu sendiri yang akan merasakan akibatnya (menunjuk wajah Cendol)

 Cendollela adalah gadis baik hati yang malang,  setelah ayahnya meninggal dunia,ia tinggal bersama ibu dan kedua saudara tirinya yang kejam, Cendollela seumuran dengan Lolo. Ibunya mengekang seluruh kebebasan Cendolella serta menindas kebahagiannya.Setiap hari ia dipaksa bekerja seperti  layaknya seorang budak.


Setelah itu,Ibu dan Kedua anak itu pergi ke kota untuk membeli keperluan dalam menghadiri acara Promnight,Sementara itu di Rumah, Cendolella yang pasrah menanggung penderitaannya, dikerjakannya seluruh tugasnya. Hari pun telah senja,kedua saudara dan ibu tirinya pulang. Sewaktu Ibu dan Kedua saudara tirinya berdandan untuk pergi ke promnight, Cendol yang penuh dengan debu dan keringat mendatangi  ibu tirinya.

Cendol: Nyonya.... pekerjaan saya selesai. Saya boleh ikut dengan anda nyonya? Ikuuuuut. Ya nyonya ya? Please.. (megang baju mami)

Mama: Don’t touch me! Enak aja kamu!! Kamu pikir kamu itu layak, HAH! Seharusnya kamu itu bersyukur, udah dikasi numpang, makan gratis, disekolahin, dikasi ongkos, dikasi kamar, dibolehin kekamar mandi, dan seterusnya dan seterusnya. Sekali saya bilang tidak tetap TIDAK! Air laut itu sangat PAHIT! (ngejepit hidung cendol).

Setelah itu Mami, lolo dan lele pergi  ke promnight dan meninggalkan Cendolella sendirian. Karena sangat ingin ikut ke promnight, cendolella pun nekat kabur dari jendela dengan sarung atas bawah agar tidak dikenali.
 Sementara itu Di promnight.....
Kepsek : Halo! Madame, kamu dimana? (nelpon)
Madame : dibelakang anda, laurensialnabrakapalmasukparetbyur
Kepsek: MADAME!! (berpelukan)
Madame: apa kabar Lauren, my darling. Aku sungguh  merindukan mu, telah 2 tahun 2 bulan 2 minggu 2 hari 2 jam 2 menit 2 detik berlalu tanpa berjumpa denganmu.
Kepsek : aku juga Madame. Welcome to promnight Nero! The best acara from the best. Sungguh suatu kehormatan karena dikau bersedia menjadi juri penentuan King dan Queen diacara ini..

Madame: Hahahaha..... aku tersanjung.....yang ku dengar pangeran Randy akan datang juga ya? Beliau bersekolah di sini juga kan??
 Kepsek:   tentu saja madamee,, sudah siap untuk berpesta? Mari aku temani berkeliling ..

Ketika Madame dan Kepsek berkeliling untuk melihat-lihat, ada sesuatu menarik perhatian mereka, dua orang gadis tampak sedang menyiksa seorang gadis yang tampak menyedihkan dengan kain sarung basah, rambut acak-acakan yang mengerikan  seperti diterjang badai.Gadis adalah Cendolella yang dipergok oleh kakak tirinya karena kabur dari rumah.

Madame: ASTaGAAA.....YA AMPYUUUUN apa yang terjadi disini? kamu gak papa sayang ? (membungkuk & mengulurkan tangan)
(Lolo dan Lele Syok. Mereka pucat karena tidak menyangka akan dipergok ketika sedang menyiksa Cendol)

Kepsek : APA-APAAN INI!! Kalian Berdua mencemarkan nama baik sekolah dengan kelakuan kalian! Saya pastikan Kalian akan mendapat hukuman dari saya!

Madame : Bagaimana mungkin wanita secantik dirimu mengenakan sarung,?! Sungguh malang. Aku akan menyihirmu menjadi wanita yang cantik, ikut lah denganku.... (menarik tangan Cendolella)

(Cendolella kaget dan berjalan menunduk mengikuti arah jalan Madame)
Ketika Cedolella telah pergi,Pangeran Randy bersama pengawal setianya tiba.
 PENGAWAL : PENGUMUMAAAAAAN! PANGERAAAAAN DATAAANG!!!! Minggir, minggir, beri jalan

(Lolo dan Lele  datang dan caper )
Lolo: Pangeran!! PANGERAAAN! liat deh gaun baruku, aku cantiiiik kaaaan?? Liat ajah, tak ada seorang pun yang menandingi kecantikanku disini.
Lele: Ih aku!! Aku! Aku!! Liat deh pangeran! Gelang,kalung, baru ku.. aku kelihatan anggun kaaan?
Randy : (jengkel) Iya, iya..
Lolo:Apaan sih! Pangeran, pangeran, kita cocok loh jadi king and Queen, iya kan? Kamu ganteng banget...sih...hehehe....
Lele : enggak! Enggak! Pangeran cocoknya sama akunya.
Lolo : APAAA!! Sadar dong Le, kamu itu jelek. Lebih cantikkan aku.
Lele: HAH! Gak salah, cantik darimana? Cantik dari Hongkong! mata kakak ajah biru! Sok- sok bule(jambak- jambakan). HUH!!
Randy : Urus Wal! (kabur keluar)
Pengawal : Baik tuan. Ehem.. ehem.. nona- nona, tolong berhenti bertengkar.
Lolo + Lele : (melotot. Melanjutkan kembali)
Pengawal : nona- nona, kalian hanya mempermalukan diri kalian dengan berantam. Kalian seperti anak- anak.
Lolo + Lele: DIAAAAM!!! (lanjut)
Pengawal : Nona, Nona! (bentak sambil melerai) Tolong jangan bikin keributan disini!
Lolo + Lele : APAAA!!! Kamu tuh Cuma pengawal, gak usah belagu LAAH! SERAAAANG!!! (2 vs 1)

Pangeran Randy pun memanfaatkan kesempatan itu untuk kabur,Ia berkeliling di aula promnight dan tanpa sengaja.....
Randy : (berpapasan dengan Cendolella) Tunggu! Hai! Tunggu duluu!
Cendol : hah? Apakah anda memanggil saya pangeran?
Randy : tentu saja. Boleehkah aku tahu siapa namamu?
Cendol : nama saya Cendollela pangeran, tapi biasa dipanggil Cendol.
randy : Cendol? Bukan kah itu minuman yang ijo- ijo itu? Yang airnya cokelat. (cendol nyengir) Kau telah memukauku Cendol. Kecantikanmu mengalihkan duniaku.
Cendol : Hh! Pangeran, sungguh kejam kata- katamu. Kau telah menghinaku dengan dustamu.
Randy : dusta? Aku telah jatuh cinta padamu pada pandangan pertama. Kau telah membuat jantungku berdebar kencang. Tak pernah aku merasa seperti kepada gadis lain sebelumnya. Maukah kau menjadi pasanganku malam ini?
Cendol : (dengan malu- malu) tentu saja pangeran. Itu merupakan suatu kebanggaan bagi saya untuk menjadi pasangan anda pangeran.

(Pangeran Randy dan Cendolella  masuk ke dalam aula Promnight,mereka berdua yang kasmaran menikmati promnight bersama-sama, mereka bergandengan tangan dan melewati para hadirin promnight. Lolo &Lele yang melihat,merasa kaget ,Iri dan Kesal. Selama Acara dan penilaian  berlangsung,tak ada satupun Siswi yang mampu menandingi kecantikan Cendollela, dan pula,Tak ada satupun siswa yang mampu menandingi ketampanan Pangeran Randy.)
Akhir acara...
Madame : Sebagai juri, saya menobatkan Pangeran Randy sebagai King dan Cendollela sebagai Queen, Congratulations!! King and Queen of Promnight Nero 2011!!!..
                Lolo dan Lele mendapat hukuman membersihkan halaman sekolah selama sebulan dari kepala sekolah karena kelakuan mereka yang mengintimidasi Cendollela. Mami Lolo dan Lele pun merasa sangat malu dengan kelakuan kedua putrinya, tetangga- tetangga mereka yang sedari dulu tahu kekejaman Mami kepada Cendollela mengucilkan Mami, Lolo dan Lele. Karena kebaikan dan kelembutan hati Cendollela yang tabah, Madame merasa kagum dengan Cendol. Dia pun mengangkat Cendol sebagai anaknya dan membiayai seluruh biaya sekolahnya. Sekarang, Cendol hidup bahagia karena teman- teman yang menyayanginya, ibu angkat yang mengasihinya, dan pacar yang mencintainya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar